Cara Mengamankan Komputer dari Virus Berbahaya

Cara Mengamankan Komputer dari Virus Berbahaya РJika anda mempunyai perangkat komputer pasti komputer anda pernah mrasakan kemasukan virus dan virus ini bisa membahayakan komputer yang anda miliki dan bahkan bisa merepotkan anda. Dan jika komputer anda sudah terinfeksi oleh virus tersebut, maka akan keluar dampaknya yaitu seperti hilangnya data-data pada komputer anda, kerja komputer anda menjadi berat, banyak file yang tiba-tiba corrupt atau terhidden dan masih banyak dampak yang lain-lainnya yang diakibatkan  dari virus tersebut. Dan biasanya virus ini menyerang pada perangkat lunak pada komputer dengan cara yaitu menyisipkan salinan dirinya ke sebuah program-program ataoun dokumen yang terdapat pada komputer anda. Dan virus ini juga bisa menyerang perangkat keras pada komputer anda, namun tidak secara langsung dengan cara yaitu memaksa proses terus menerus atau over process di suatu perangkat tertentu, seperti memori yang dapat menyebabkan beban, memori menjadi tinggi dan juga dapat berpengaruh pada kinerja kerjanya ataupun hingga bisa merusak pada perangkat tersebut.

Dan virus ini juga mempunyai macam-macam jenis dan jenis-jenisnya seperti Worm yang dapat memperbanyak dirinya pada media penyimpanan misalnya harddisk, dengan demikian virus media penyimpanan pada komputer anda akan menjadi penuh dikarenakan Worm tersebut. Lalu ada juga virus yang bernama Trojon dan virus trojon ini kerjanya yaitu mengambil data-data penting dari komputer yang sudah terinfeksi lalu akan mengirimkan pada pembuat trojon itu sendiri. Berikutnya yaitu virus Spyware dan virus ini mempunyai tugas yaitu memantau komputer yang sudah terinfeksi, nah jika anda sudah mengatahui bahaya dari virus tersebut maka dari itu anda harus memperhatikan keamanan komputer yang anda milik. Dan oleh sebab itu kami kali ini akan memberikan anda tips untuk meminimalisir serangan virus pada komputer, dan silahkan anda bisa langsung simak tipsnya dibawah ini.

1. Gunakan Anti Virus

Untuk yang pertam silahkan anda bisa menggunakan anti virus, seperti namanya anti virus ini dapat melindungi dari serangan virus tersebut misalnya dari virus worm ataupun dari virus trojan yang ada. Antivirus ini berfungsi yaitu dapat memindah file-file yang sudah terinfeksi birus sehingga dapat anda tanggulangi agar tidak menyebar lebih luas. dan banyak sekali piliha antivirus yang ada, mulai dari yang gratis hingga berbayar tergantung sesuai yang anda inginkan. Jika anda sudah menginstal anntivirus ini alagkah baikya anda mengupdate versi terbarunya dengan tujuan untuk memperbaharui database antivirus tersebut.  Dengan demikian kinerja antivirus akan menjadi optimal dan tetap bisa memindai ataupun juga dapat melakukan penanganan terhadap virus-virus terbaru sekalipun.

2. Lakukan Pemindaian Rutin

Dan yang kedua anda harus melakukan pemindahan rutin secara menyeluruh terhadap sistem, dan juga selalu scan terlebih dahulu pada media penyimpanan eksternal yang sedang terhubung dengan komputer yang anda miliki, langkah yang kedua ini mempunyai tujuan yakitu agar virus tidak tersebar yang dibawa dari piranti misalnya flashdisk atau SD Card pada komputer anda. Anda juga jangan membuka file-file yang mencurigakan seperti file shortcut yang terdapat pada flashdisk.

3. Aktifkan Firewall

Dan untuk langkah yang ketiga silahkan anda aktifkan firewall dan firewall ini bisa anda gunakan untuk mengontrol akses keamanan antara jaringan internal yang aman dengan jaringan yang tidak terpercaya (untrusted) misalnya internet. Lalu firewal ini juga dapat melakukan autentifikasi akses, melindungi sumber daya jaringan internal dan juga mencatat semua kejadian serta melaporkannya pada administrator. Untuk pengguna windows dapat mengaktifkan fitur windows firewall yang sudah tersedia pada sitem operasi windows.

4. Waspadai Email Aneh atauPUN Spam Yang Masuk

Hal yang dapat digunakan untuk menyebarkan virus ini yaitu media email, maka dari itun anda jangan sembarangan membuka spam email dari sumber yang tidak jelas, karena file-file yang dicurigai mengandung virus, malware dan sejenisnya dan biasnya akan  langsung dimasukan ke dalam folder spam, lalu jika anda mendapatkan email yang disertai dengan file lampiran (attachment) alangkah baiknya anda melakukan scan terlebih dahulu terhadap file tersebut sebelum membukanya.

5. Jangan Sembarangan Install Aplikasi

Dan untuk yang trakhir anda jangan sembarangan instal aplikasi, karena jika anda sembarangan dalam instal aplikasi tersebut nanti komputer anda yang akan terkena batunya, maka dari itu anda harus perhatikan aplkasi yang telah anda instal.

Demikianlah yang hanya bisa kami berikan untuk anda menganai cara mengamankan komputer dari virus, semoga dengan pembahasan kami kali ini bisa bermanfaat untuk anda, dan silahkan anda bisa mengikuti langkah-langkah yang kami sudah ulas diatas semoag bisa membantu anda mengamankan komputer anda dari virus berbahaya. Terimaksih.

Cara Mengamankan Komputer dari Virus Berbahaya | cahyono | 4.5